Diberdayakan oleh Blogger.

New

Artikel

Berita

Pendidikan

Agenda Sekolah

Info Pendaftaran

» » » » Gandeng PMI Sukoharjo, SMP Imam Syuhodo Adakan Pelatihan Pertolongan Pertama

 



Sukoharjo - Pertolongan pertama adalah salah satu ilmu yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Karena dengan mempunyai ilmu pertolongan pertama seseorang bisa membantu diri sendiri dan orang lain di sekitarnya jika membutuhkan bantuan dasar medis.

 

Siswa siswi SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo mengikuti pelatihan pertolongan pertama di sekolah setempat, Kamis 3 November 2022. Acara yang menghadirkan fasilitator dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukoharjo tersebut diikuti oleh seluruh siswa siswi dengan didampingi oleh guru penanggung jawab UKS sekolah.

 


Sebagai fasilitator, kegiatan ini dihadiri oleh Sri Suswanti, S.K.M, staf SDM dan Relawan dari markas PMI Kabupaten Sukoharjo. Para siswa dan guru pendamping dengan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan pertolongan pertama ini. Mereka juga sangat bersemangat mempraktikan ilmu dasar pertolongan pertama yang diberikan oleh fasilitator.

 


Dalam pantauan di tempat acara diketahui bahwa di antara materi yang diberikan dalam acara ini adalah pengenalan alat-alat yang digunakan dalam memberikan pertolongan pertama, seperti: perekat perban, bidai, kapas, gunting, pinset, alkohol 70%, dll.

 

Selain itu, untuk lebih mempermudah pemahaman terhadap materi yang diberikan, para siswa tidak hanya mendengarkan pemaparan teori saja, tetapi mereka juga diajak untuk melakukan simulasi dengan praktik langsung tentang langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan saat menjumpai keadaan darurat. Di antaranya adalah cara perban luka, patah tulang dan memindahkan korban.

 


Tentang kegiatan ini penanggung jawab UKS SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo Yunika Putri Pratiwi, S.Pd berkomentar, “Harapan saya supaya anak-anak itu tahu tentang ilmu pertolongan pertama yang sifatnya dasar. Sehingga minimal mereka dapat menolong dirinya sendiri atau orang terdekat di sekitarnya saat dalam keadaan darurat sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki,” ungkapnya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply