Diberdayakan oleh Blogger.

New

Artikel

Berita

Pendidikan

Agenda Sekolah

Info Pendaftaran

» » » » SMP Imam Syuhodo Tanamkan Karakter Cinta Lingkungan

 


Sukoharjo - Pentingnya menjaga cinta lingkungan diperlihatkan oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo dengan melakukan berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan ini secara berkala dilakukan oleh sekolah. Salah satunya yaitu program kebersihan dengan membuat jadwal piket kelas untuk pelaksanaannya.

 

SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo melatih siswa-siswinya untuk menjaga lingkungan sekolah, dengan melakukan piket kebersihan. Secara berkala seluruh guru dan siswa juga terlibat langsung dalam membersihkan lingkungan sekolah dari sampah yang dapat menganggu kesehatan dan keindahan, dalam kegiatan Jumat bersih.

 

Wakil Kepala SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo Shofia Nur Mutmainnah, S.Pd menyampaikan bahwa kebersiahan lingkungan merupakan hal terpenting untuk menciptakan kesehatan lingkungan. Sehingga tercipta lingkungan yang indah dipandang, nyaman dan tentram.

 


“Menjaga kebersihan lingkungan sekolah itu sangatlah penting untuk melatih karakter siswa. Hal ini bukan hanya dilaksanakan oleh petugas kebersihan di sekolah saja tapi juga dibutuhkan peran serta aktif warga sekolah yang lain, termasuk guru dan siswa untuk menjaganya,” ungkapnya.

 

Kegiatan kebersihan yang dilakukan sekolah tidak berhenti pada membuang sampah pada tempatnya saja, tetapi juga pemilahan sampah organik dan nonorganik. Selain itu sekolah juga mempunyai program hemat energi dan hemat air.

 

“Di antaranya yaitu dengan menggunakan listrik dan air seperlunya, jadi kalau tidak digunakan ya harus dimatikan. Selain itu kita juga mematikan listrik satu jam setiap harinya. Dalam rangka hemat air, kami juga menghubungkan semua wastafel pada taman, sehingga air cuci tangan langsung bisa untuk menyiram tanaman,” tambah Shofi.

 




Selain beberapa kegiatan yang tersebut di atas, sekolah juga berusaha untuk menumbuhkan kesadaran cinta lingkungan dengan pemeliharaan tanaman dan pembibitan. Hal ini seperti diungkapkan salah satu guru SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo Puthut Dwi Hendratmo, S.Pd.

 

“Beberapa waktu yang lalu guru dan siswa juga bergotong royong untuk pelakukan penghijauan di sekolah, yaitu penataan taman sekolah dengan pembibitan dan pemeliharaan tanaman,” ujarnya.

 

Puthut juga mengungkapkan bahwa dalam rangka penghijauan sekolah ini para siswa juga pernah diminta untuk membawa tanaman dari rumah masing-masing.

 

“Selain pengadaan tanaman oleh sekolah, siswa siswi juga diminta untuk membawa tanaman dan menanamnya sendiri agar mereka lebih merasa memiliki. Tugas siswa tidak hanya membawa, tapi juga yang merawat, menyirami, termasuk mengganti kalau ada tanaman yang mati,” ungkapnya.

 

Selain itu, siswa SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo juga dilatih untuk disiplin menjaga lingkungan dengan dibiasakan membawa wadah makan dan minum ke sekolah.

 

“Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi adanya sampah plastik di lingkungan sekolah," ungkap Muh. Fatkhul Hajri, S.Pd, bagian Kesiswaan sekolah.

 

Dengan menjaga karakter cinta lingkungan, diharapkan sekolah menjadi ruang yang nyaman bagi segenap warga sekolah, termasuk siswa juga merasa nyaman untuk mengikuti setiap kegiatan belajar dan bermain ketika jam istirahat. Guru dan karyawan pun juga nyaman dalam mengajar dan bekerja di sekolah.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply