Diberdayakan oleh Blogger.

New

Artikel

Berita

Pendidikan

Agenda Sekolah

Info Pendaftaran

» » » » SMP Imam Syuhodo Berbagi Qurban di Penghujung Tasyrik


Sukoharjo - SMP Muhammadiyah Imam Syuhodo menggelar kegiatan latihan qurban pada bulan Dzulhijjah tahun 1440 H. Kegiatan diselenggarakan di sekolah setempat pada hari terakhir tasyrik, Rabu (14/08/2019).


Ketua Panitia Qurban SMP Imam Syuhodo Faishal Ramadhan, S.Pd mengatakan, kegiatan ini bertujuan di antaranya melatih santri bagaimana cara penyembelihan hewan qurban dengan benar serta mendidik pentingnya solidaritas dan berbagi pada sesama, utamanya kepada orang-orang yang kurang mampu.


Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun dan merupakan agenda rutin sekolah ini bertujuan  untuk mendidik para santri SMP Imam Syuhodo agar dapat meneladani Nabi Ibrahim AS, bapak para nabi yang merupakan manusia pertama di mana syariat qurban tersebut berasal.


Tahun ini SMP Imam Syuhodo menyembelih 3 ekor kambing. Acara penyembelihan qurban dimulai jam 08.00 WIB dengan disaksikan oleh para santri. Selain penyembelihan hewan qurban, kegiatan ini juga diisi dengan memasak dan makan bersama daging qurban, juga pembagian daging qurban.


Kegiatan memasak dan makan bersama dimaksudkan untuk mendidik para santri agar mengetahui bahwa dalam hewan qurban yang disembelih itu juga ada hak bagi yang berqurban, sedangkan pembagian hewan qurban kepada masyarakat mengajarkan tentang berbagi. Ada tiga titik tempat distribusi hewan daging qurban tahun ini, yaitu Kaliduren, Jatisobo dan Karangwuni.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply